Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mitos dan Sejarah Cadas Pangeran Jalur Bandung Sumedang

Mitos dan Sejarah Cadas Pangeran Jalur Bandung Sumedang
foto by instagram @fodcastmistery

Wisata Kuliner Bandung • Mitos dan Sejarah Cadas Pangeran Jalur Bandung Sumedang - Cadas pangeran adalah nama jalan di jalur bandung sumedang, banyak mitos dibalik sejarah angkernya cadas pangeran. Sudah dari jaman dulu jalan yang dibangun pada pemerintahan hindia belanda ini menyimpan sejuta misteri yang terkenal hingga saat ini. Tak sedikit masyarat juga mempercayai tentang mitos yang beredar seputar jalan cadas pangeran.

Mitos dan Sejarah Cadas Pangeran Jalur Bandung Sumedang
foto by tempo.co

Yuk, kita sedikit bernostalgia kita membahas berbagai hal seputar mitos, sejarah, dan dan kejadian mistis di jalan cadas pangeran. Walau mungkin diantara kalian sudah mengetahui lebih luas tentang sejarah cadas pangeran, tapi tak ada salahnya kita membaca ulang tentang cadas pangeran yang berada di jalur bandung - sumedang.

Mitos dan Sejarah Cadas Pangeran Jalur Bandung Sumedang
foto by sumedangexpress

Jalan menanjak dan tikungan tajam yang di ampit tebing dan jurang ini rawan akan kecelakaan. Banyak mobil yang terperosok masuk kedalam jurang ketika lepas kendali di jalan cadas pangeran dan banyak korban jiwa meninggal ditempat. Seramnya jurang cadas pangeran juga sering dijadikan sebagai pembuangan mayat korban pembunuhan.

Sejarah Cadas Pangeran

Pada masa pemerintahan gubernur belanda yang bernama Daendels. Jalan cadas pangeran dibangun dengan memperkerjakan masyarakat setempat secara sistem rodi atau kerja paksa. Seiring berjalan pembangunan cadas pangeran banyak korban jiwa yang berjatuhan meninggal dunia. Penyebab meninggalnya para pekerja rodi dikarenakan kelelahan, kecelakaan dalam bekerja, terkena wabah deman berdarah, dan juga ada yang meninggal kerena binatang buas. Dikarenakan wilayah ini masih hutan belantara yang sangat lebat.

Mitos dan Sejarah Cadas Pangeran Jalur Bandung Sumedang
foto by dbmtr.jabarprov.go.id/

Konon arwah-arwah yang meninggal pada saat kerja rodi berlangsung menetap dan bergentayangan di cadas pangeran hingga saat ini. Hal ini juga yang sering diceritakan oleh orang tua dulu pada anak cucunya. Maka dari itu sejarah tentang cadas pangerah terkenal hingga saat ini.

Kejadian - Kejadian Mistis Cadas Pangeran

Banyak pengakuan dari masyarakat yang mengalami hal ganjil saat melewati jalan cadas pangeran. Seperti salah satu cerita pengendara motor yang tiba-tiba mogok motor diperlintasan jalan cadas pangeran. Kondisi jalan gelap dan cahaya hanya seadaannya saja dari terang bulan. Laki-laki ini melihat sesosok bayangan hitan berbulu, laki-laki tersebut menajamkan penglihatannya untuk melihat lebih jelas bayangan tersebut. Alangkah terkejutnya laki-laki tersebut, karena banyang hitam tersebut terlihat semakin besar dan semakin tinggi.

Mitos dan Sejarah Cadas Pangeran Jalur Bandung Sumedang
foto by yukepo.com

Bayangan hitam tersebut juga terjadi kepada seorang supir angkot, dulu kala cadas pangeran sangat sepi dan tak ada yang berani untuk melewati jalan ini ketika malam akan menjelang. Seorang pengendara angkot terpaksa harus melintas jalan cadas pangeran menjelang malam, dan tanpa disangka ada bayangan hitam yang nempel dikaca mobil belakang.

Ada juga cerita yang diceritakan oleh satu rombongan, kala itu mereka akan menuju sumedang dan melewati jalan cadas pangeran namun hari menjelang malam. Pada sebelumnya sudah di ingatkan untuk tidak melintasa jalan cadas pangeran pada malam hari, namun karena suatu keperluan akhirnya rombongan tersebut harus memakasakan melewati jalan tersersebut. Ketika melewati jalan cadas pangeran rombongan tersebut melihat dari kejauhan ada nenek-nenek yang sedang berjalan satu menuju bagian atas. Tanpa berpikiran negatif, rombongan tersebut berfikir mungkin itu warga sekitar yang akan pulang. Ketika mobil menghapiri nenek tersebut, kelihatannya itu manusia dan bukan hantu, namun ketika mobil sudah melewatin nenek tersebut dan rombongan tersebut menengok kebelakang ternyata nenek-nenek tersebut menghilang entah kemana. Padahal jika dilihat tak ada jalan lain di tempat nenek barusan ketika disalip mobil. Tanpa pikir panjang rombongan tersebut tancap gas.

Selain dari cerita- cerita tersebut, masih banyak cerita tentang orang yang mengalami hal aneh di jalan cadas pangeran. Banyak kisah nyata yang dialami oleh sebagian orang dan mereka menceritakan ke redaksi salah satu stasiun radio di bandung. Nanti kisah tersebut akan di ceritakan di acara Nightmare Side Ardan Radio Bandung. Saya sendiri sering mendengarkan acara ini untuk mendengarkan berbagai kejadian mistis yang dialami oleh sebagian orang.

Mitos Cadas Pangeran

Cadas pangeran memang menyimpan banyak mitos dan menjadi tempat angker yang diceritakan dari turun temurun dan sebagian warga mempercayai mitos-mitos tersebut. Berikut beberapa mitos tentang cadas pangeran yang beredar menjadi cerita rakyat:

Salah satu mitos yang sering diceritakan adalah kalian yang melewati jalan cadas pangeran harus melempar rokok dengan tujuan agar tak menemui hal aneh ketika melewati jalan ini. Banyak orang yang mempercayai hal ini dan ada juga yang tak percaya, itu tergantung kepercayaan masing-masing. 

Kejadian nyata yang paman saya alami, ketika pulang dari sumedang ke arah bandung sekitar pukul 21.00 wib pada tahun 1998 kurang lebih (ane lupa lagi! yang pasti dulu pas paman cerita, saya masih duduk dibangku SD). Motor paman saya tiba-tiba mati dan mogok, setelah di cek bensin, busi dll sepertinya semua normal-normal saja. Paman saya memutuskan untuk mendorong motor tersebut. Ketika sedang mendorong motor, paman saya teringat dengan mitos lempar rokok. Dengan harapan agar bisa nyala motornya, paman saya melempat sebatang rokok ke jalan dan nyoba menyalakan mesin motor. Dan alhasil motor bisa menyala sampai rumah. Ketika samapi di rumah paman saya menceritakan kejadian tersebut dengan rasa syukur yang dalam pada ALLAH SWT karena telah dilancarkan selamat sampai tujuan. Itu cerita nyata yang dialami oleh paman saya, dan sekarang sang paman sudah meninggal dunia pada tahun 2015.

Mitos dan Sejarah Cadas Pangeran Jalur Bandung Sumedang
foto by keepo.me

Disamping mitos harus melempar rokok, masih banyak juga mitos lainnya seperti adanya Ular Besar Didasar Jurang Cadas Pangeran, Mitos Dalamnya Jurang Cadas Pangeran Setinggi Pohon Bambu, Jangan Lewati Cadas Pangeran Bada Magrib, dan masih banyak mitos lainnya yang bisa benar apa adanya atau hanya cerita semata.

Posting Komentar untuk "Mitos dan Sejarah Cadas Pangeran Jalur Bandung Sumedang"