Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perjalanan Malam Menuju Cimanggu Hot Spring Ciwidey

KOLAM RENANG DI BANDUNG - Sedikit bercerita tentang pengalaman berwisata yang dituangkan kedalam sebuah artikel. Akan menjadi sebuah kenang-kenanga bagi mimin pribadi, dan bisa dibaca ulang saat kangen akan berpetualang ke tempat wisata di Bandung.

Mimin punya cerita unik waktu menuju pemandian air panas cimanggu hot spring ciwidey bareng 8 teman lainnya. Perjalanan malam ke cimanggu ciwidey ini, sebelum virus corona menyerang ke berbagai belahan dunia termasuk Indonesia.

Awal Cerita, "Kita adalah 8 orang yang bekerja di beda tempat kerja". Namun karena boring dan ingin touring bareng-bareng, kita merencanakan untuk berkunjung ke kolam renang air panas yang ada di kawasan ciwidey pada malam hari. Dikarenakan pada siang hari kita semua memiliki aktivitas masing-masing, jadi sedikit susah untuk bisa berbarengan.

Singkat cerita kita janjian pada hari sabtu (malam minggu), untuk bermain ke tempat wisata di Ciwidey yaitu kolam renang air panas cimanggu.

Kita berkumpul di rumah mimin jam 20.00 wib dan mulai siap-siap untuk bawa perlengkapan. "Perlengkapanya sih simpel aja", kita bawa nasi untuk mengurangi pengeluaran agar tidak beli di tempat wisatanya. Bekal baju untuk berenang, dan pastinya jaket tebal masing-masing kita bawa 2 jaket. Karena udara ciwidey memang dingin banget.

Sekitar pukul 20.30 wib kita mulai berangkat dari rumah mimin di kawasan Margacinta Buah Batu. Kita masing-masing boncengan, jadi kita berangkat dengan 4 motor, dan semuanya menggunakan motor matic. Dengan alasan agar mudah bawa perlengkapan, hehehe.

Rute singkat ke cimanggu ciwidey dari rumah mimin. Dari margacinta ke arah soekarno hatta, sampai ke lampu merah kopo. Dari situ belok kiri, masuk ke jalan kopo dan menuju arah soreang, dari soreang menuju arah ciwidey. Melewati jalan raya ciwidey - rancabali dan sampai di cimanggu hot spring.

Tiket Masuk Cimanggu Hot Spring Ciwidey Terbaru

Setelah menuju perjalan dengan dinginnya udara malam, kita sampai di gerbang utama. Masuk dengan melewati pos tiket dan membayar uang tiket masuk, kemudian menuju tempat parkir. Tiket Masuk Cimanggu Hotspring Terbaru Rp. 16.000,- perorang.

Sampai ditempat parkir, kita lihat cukup banyak kendaraan yang parkir. Itu menandakan sedang banyak pengunjung yang datang pada malam minggu. Tiket parkir motor di cimanggu ciwidey Rp. 8.500,- permotot.

Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 1 jam lebih, kita beli dulu kopi dan gorengan di tempat parkir sekedar menghangatkan badan.

Setelah selesai minum kopi, kita langsung bergegas masuk ke lokasi kolam renang, dengan memberikan bukti karcis tiket masuk. Tersedia banyak gazebo untuk kita menyimpan barang-barang bawaan, namun alangkah baiknya jika mau meninggalkan barang di gazebo harus ada yang mengawasi atau ada salah satu dari kalian yang jagain. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Fasilitas Cimanggu Hot Spring Ciwidey

Cimanggu hot spring Ciwidey menyediakan berbagai fasilitas bagi para pengunjung. Tentunya dengan fasilitas yang disediakan, akan memberikan kenyamanan bagi pengunjung yang datang. Berikut beberapa fasilitas di Cimanggu Hot Spring Ciwidey:

  • Area parkir yang luas
  • Warung Makanan
  • Mushola
  • Tempat bermain
  • Shelter
  • Gazebo
  • Kamar mandi
  • Kamar bilas
  • dll

Setelah merasa cukup berenang dan berendam air panas. Kita segera membilas badan untuk membersihkan ulang dan siap-siap untuk pulang.

Jam sudah menunjukan pukul 02.30, yang berarti kita sudah berada sekitar 5 jam-an di lokasi cimanggu ini. "Waktu yang gak terasa". Kita niatnya mau pulang ketika waktu menjelang pagi, namun dikarenakan salah satu dari teman mimin besoknya ada yang masuk kerja. Jadi mau tak mau kita semua akhirnya pulang sekitar pukul 03.00 wib.

"Oh my god", Mimin gak nyaranin deh bagi kalian yang ingin pulang subuh-subuh dari dari ciwidey. Menang karena udaranya yang dingin banget, sampai lagi nyetir motor aja kita menggigil dan giliran untuk boncengan.

Dan apesnya lagi, waktu ini kabut begitu tebal dan sampai menutupi jalanan dan jalan tidak terlihat. Kita hanya bisa melihat jalan yang tekan sinar lampu motor sekitar 2 meteran saja. Sisanya kita mengikuti garis putih yang ada di jalan. "Kebayang dong, kalau garis putih itu tiba-tiba menuju jurang, habislah kita akan menuju ke arah jurang juga".

Jam Operasional Cimanggu Hot Spring Ciwidey

Cimanggu Hot Spring ini buka setiap hari dari senin sampai minggu selama 24 jam. Pengunjung bebas memilih waktu yang tepat untuk bisa berkunjung ke pemandian air panas 24 jam ciwidey sesuai waktu luang yang kalian miliki.

Alamat Cimanggu Hot Spring

Jl. Ciwidey, Patengan, Kec. Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973

Tips Berkunjung ke Cimanggu Hot Spring

Bagi kalian yang punya rencana berkunjung ke cimanggu ciwidey. Mimin berikan sedikit tips sesuai pengalaman pribadi.

  • Periksa kendaraan anda dan pastikan performa kendaraan normal dan stabil, terlebih bagian roda dan rem
  • Bawa bekal makanan yang cukup, karena harga makan di tempat lokasi cukup mahal
  • Menggunakan jaket tebal, dan usahakan bawa jaket lebih dari satu
  • Jika kalian berkunjung malam, usahakan tidak pulang pada subuh-subuh. Untuk menghindari adanya kabut tebal
  • Terakhir jangan lupa bawa uang yah, karena ini poin utama

Itu sedikit tips dari mimin pribadi bagi kalian yang ingin berkunjung ke cimanggu. Untuk yang berkunjungnya siang hari, kalian bisa berkunjung ke beberapa tempat wisata populer di Ciwidey.

"Nah, itulah pengalaman mimin waktu berkunjung ke cimanggu ciwidey".

Wisata Bandung
Wisata Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @wisatabandung_

Posting Komentar untuk "Perjalanan Malam Menuju Cimanggu Hot Spring Ciwidey"