Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pesona Keindahan dan Tantangan Mendaki di Gunung Rakutak

Wisata Kuliner Bandung • Pesona Keindahan dan Tantangan Mendaki di Gunung Rakutak - Sebagian orang banyak yang memiliki hobi mendaki gunung bersama rombongan serta sahabat atau grup-grup pecinta alam yang memang gemar mendaki gunung. Banyak sensasi dan rasa kepuasan tersendiri ketika kita sampai di puncak gunung dengan berbagai rintangan saat mendaki untuk menuju puncak gunung tersebut.

Pesona Keindahan dan Tantangan Mendaki di Gunung Rakutak
foto @tapakrakutak

Di bagian bandung selatan terdapat salah satu gunung yang sering di daki oleh para pecinta alam, yaitu "GUNUNG RAKUTAK". Gunung yang berlokasi di kecamatan sukarame ini, memeng tidak begitu terkenal di kalangan para pencinta alam yang gemar mendaki gunung. Namun untuk warga kabupaten bandung, gunung rakutak cukup terkenal dengan pesona keindahannya saat kita sampai di atas puncak gunung. Tantangan yang dilewatipun tak begitu mudah, banyak rintangan yang harus dilewati menambah sensasi serunya mendaki gunung.

Sejarah Pemberontakan di Gunung Rakutak

Gunung dengan ketinggian 1922 Mdpl ini menjadi saksi bisu atas penangkapan dan pemberontakan yang dilakukan Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo selaku imam dan tokoh islam yang melawan pemerintah dan ingin mendirikan indonesia sebagai negara islam syariah. Kartosoewirjo ditangkap oleh Letnan Dua Suhanda selaku ketua Kompi C Batalyon 328 Kujang II/Siliwangi. Gunung rakutak dan geber benar-benar menjadi saksi bisu atas pemberontakan yang terjadi pada tahun 1949 masehi.

Pesona Keindahan dan Tantangan Mendaki di Gunung Rakutak
foto traveleristimewa.blogspot.com

Lepas dari tempat sejarah pemberontakan di gunung ini, Nama rakutak juga menjadi nama gunung yang memiliki pesona keindahan alam yang sangat indah. Diatas puncak gunung rakutak, kalian dapat melihat hamparan hijau tanaman warga di lereng gunung yang begitu indah. Selain keindahan alam yang bikin takjub, kalian juga bisa menyaksikan panorma awan dari puncak gunung. Semua keindahan yang kalian dapatkan di atas gunung rakutak akan menghapus rasa lelah selama perjalan.

Jembatan Shirathal Mustaqim

Jembatan Shirathal Mustaqim menjadi salah satu rintangan yang harus kalian lewati saat mendaki gunung rakutak ini. Gunung dengan jarak tempuh yang 45 km dari kota bandung ini sering di daki oleh para wisatawan pencinta alam dari berbagai pelosok daerah yang penasaran akan gunung rakutak ini.

Pesona Keindahan dan Tantangan Mendaki di Gunung Rakutak
foto sitinurmalaa.wordpress.com

Ada sebutan Jembatan Shirathal Mustaqim ini karena jangan yang menghubungkan 2 puncak gunung itu sangat sempit, dengan tebing yang terbilang tinggi. Salah melangkah atau ceroboh dalam berjalan, bisa-bisa kalian terjatuh dengan ketingian yang bisa bikin kaget.

Arah menuju Gunung Rakutak

Jika kalian dari luar kabupaten bandung atau berlokasi di bandung kota dan ingin mendaki ke gunung rakutak dengan rombongan. "Lokasi pertama yang harus kalian cari adalah daerah ciparay atau majalaya". Bagi kalian yang dari arah bandung via buah batu, lokasi yang harus kalian temukan adalah ciparay, sedangkan kalian yang dari arah cileunya atau via rancaekek, maka lokasi yang harus kalian temuakan adalah majalaya.

Pesona Keindahan dan Tantangan Mendaki di Gunung Rakutak
foto @imamularifin

Apabila kalian sudah ada di 2 titik kota tersebut, maka perjalana kalain sudah hmpir akan di mulai. Kalian tinggal bertanya arah ke gunung tersbebut, semua warga dikawasan itu sudah tidak asing lagi dengan nama rakutak. kalain yang dari arah ciparay, bisa menuju atau lewat ke kecamatan pacet dan teruskan sampai ke desa sukarame. Bagi yang dari arah majalaya kalian juga bisa mencari kecamatan pacet, atau bisa via desa wangisagara, di teruskan kampung selawi desa nagrak, dan terkahir tinggal menuju desa sukarame.

Baca Juga: Gedung Sate Bandung Tempat Bersejarah Sekaligus Tempat Penuh Misteri

Post a Comment for "Pesona Keindahan dan Tantangan Mendaki di Gunung Rakutak"