Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Bangunan Sejarah di Bandung Yang Jadi Tempat Wisata

4 Bangunan Sejarah di Bandung Yang Jadi Tempat Wisata
4 Bangunan Sejarah di Bandung Yang Jadi Tempat Wisata
Wisata Kuliner Bandung • Kota Bandung adalah salah satu tujuan wisata di Jawa Barat dan menyimpan banyak lokasi wisata yang menarik dan menghibur. Banyak tempat wisata di Bandung yang tidak pernah sepi pengunjung.

Mereka yang mengunjungi kota ini tidak hanya dari daerah Bandung. Cukup banyak dari mereka yang datang ke Bandung adalah wisatawan yang datang dari luar negeri.

Kota Bandung memang merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan asing di Indonesia.

Anda datang ke kota ini untuk menikmati keindahan pariwisata di kota kembang. Bahkan, ada berbagai jenis tujuan wisata di Bandung yang bisa kita kunjungi sebagai tujuan liburan yang menyenangkan.

Kali ini kita akan membahas jenis wisata yang bisa kita temukan di kota Bandung.

Tempat wisata yang dengannya kita tidak hanya dapat menciptakan tempat liburan yang menyenangkan, tetapi juga belajar dan memperluas pengetahuan kita.

Tempat Sejarah Di Kota Bandung

Ada beberapa tempat yang bisa kita kunjungi, seperti berikut ini :

1. Gedung Sate

4 Gedung Sejarah di Bandung Yang Jadi Tempat Wisata
foto by pikiran-rakyat.com
Bangunan yang memiliki sejerah dan misteri ini sudah pasti banyak orang yang mengetahui tentang itu. Karena Gedung Sate sangat terkenal sebagai salah satu tempat berfoto di Bandung.

Rasanya tidak lengkap ketika Anda mengunjungi Bandung, tanpa berkunjung ke gedung yang menjadi monumen Kota Bandung ini.

Bangunan yang berada di Jl. Diponegoro No. 22, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat sudah dikenal sebagai ikon kota Bandung dan Jawa Barat.

Bangunan ini adalah salah satu dari beberapa tujuan wisata bersejarah di Bandung yang sayang jika dilewatkan. Bangunan, yang merupakan kantor gubernur Jawa Barat, telah diberi banyak nilai sejarah.

Gedung Sate dibangun tahun 1920 dan selesai tahun 1924 ini memang sangat megah, Tetapi siapa yang mengira bahwa bangunan yang satu ini dulunya adalah tempat pertempuran.

Ada tujuh pejuang yang tewas dan dimakamkan di halaman gedung sate ini. Mereka adalah pejuang yang berperang melawan pasukan Gurkha dari Inggris.

Kita dapat membuktikan ini dengan adanya sebuah monumen yang berbunyi: "Ketika Gedung Sate membela terhadap serangan Gurkha pada tanggal 3 Desember 1945, tujuh pemuda dibunuh dan dimakamkan di halaman oleh musuh."

Pertama, monumen itu berada di belakang gedung sate. Pada tahun 1970 Menteri Pekerjaan Umum memindahkan monumen ke depan. Mengingat nilai historisnya, tidak mengherankan bahwa gedung ini selalu penuh dengan pengunjung.

Meskipun mereka tidak dapat memasuki area bangunan, kebanyakan orang hanya mengambil gambar area di depan gedung ini.

2. Museum Wangsit Mandala Siliwangi

4 Gedung Sejarah di Bandung Yang Jadi Tempat Wisata
foto by tempatwisatadibandung.info
Museum Wangsit Mandala Siliwangi Sebuah tujuan wisata yang bersejarah di Bandung yang tidak bisa Anda lewatkan.

Museum Wangsit Siliwangi Mandala adalah salah satu dari beberapa museum unik di Indonesia yang dapat Anda kunjungi. Museum ini memiliki banyak objek yang digunakan oleh Komando Militer Siliwangi. Senjata yang disimpan di museum ini tidak terbatas pada senjata militer.

Ada juga beberapa senjata tradisional yang disimpan dengan rapi di museum ini.

Museum itu sendiri diresmikan langsung oleh Kolonel Ibrahim Adjie, komandan Divisi Kodam Siliwangi. Bangunan sejarah ini sendiri merupakan peninggalan kolonialisme Belanda.

Pada awal pembangunannya sendiri, bangunan yang satu ini berfungsi sebagai tempat tinggal bagi para perwira Belanda. Selama pendudukan Jepang, bangunan ini adalah salah satu fondasi perjuangan melawan Belanda.

Memang, sebagai salah satu tujuan wisata pendidikan di Bandung, keberadaan museum ini dapat menambah banyak pengetahuan penting tentang sejarah Kota Bandung.

3. Monumen Bandung Lautan Api

4 Gedung Sejarah di Bandung Yang Jadi Tempat Wisata
foto by wisatabdg.com
Monumen Bandung Api Lautan. Monumen yang sangat gagah di area Jl. Bkr, Ciateul, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat, ini adalah salah satu taman wisata paling terkenal di Bandung.

Saat musim liburan tiba atau di akhir pekan, area yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Mereka yang datang ke daerah ini biasanya berasal dari daerah di sekitar monumen ini.

Monumen itu sendiri dibangun untuk memperingati peristiwa yang berdampak besar pada sejarah kota Bandung.

Insiden di mana kota Bandung menjadi lautan api cukup besar. Hal ini disebabkan semangat juang masyarakat untuk mempertahankan kota Bandung. Mereka tidak ingin Kota Bandung menjadi salah satu pusat strategi militer.

Kemudian, pada tanggal 23 Maret 1946, rencana pasukan Sekutu, bersama dengan proses penarikan tentara Indonesia dan komunitas Bandung dari Sekutu, dapat dibuat frustrasi.

Mereka juga berpartisipasi dalam membakar rumah dan poin-poin penting. Pada saat yang sama proses penarikan dan pembakaran ini berjalan seiring dengan perjuangan yang cukup keras.

Perkelahian paling serius terjadi di daerah Dayuehkolot. Peringatan Api Laut Bandung didirikan untuk memperingati kejadian tersebut.

4. Gedung Merdeka

4 Gedung Sejarah di Bandung Yang Jadi Tempat Wisata
foto by bandungkita.id
Gedung Merdeka Bangun Bangunan bergaya Art Deco yang tebal ini adalah bangunan yang sangat bersejarah, tidak hanya untuk masyarakat Bandung.

Namun, ini juga sangat bersejarah bagi masyarakat Indonesia, karena ada aktivitas di gedung ini yang dapat dikatakan sangat penting dalam sejarah.

Konferensi Asia-Afrika, di mana banyak negara dari benua Asia dan Amerika ambil bagian, adalah salah satu gerakan terpenting pada waktu itu tanpa arah.

Bangunan itu sendiri pertama kali dibangun pada tahun 1926 dengan nama Societeit Concordia. Fungsi bangunan ini selama pendudukan Belanda adalah sebagai titik pertemuan.

Pada hari-hari tertentu, berbagai pertunjukan seni dan jamuan untuk kalangan tertentu ditampilkan di gedung ini. Selama pendudukan Jepang, bangunan ini disebut Dai Toa Kaman.

Nama bangunan ini berbeda, tetapi fungsinya masih sama, yaitu sebagai pusat budaya.

Meskipun fungsi bangunan yang satu ini terus berubah, ukuran bangunan yang satu ini masih sama.
Wisata Bandung
Wisata Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @wisatabandung_

Posting Komentar untuk "4 Bangunan Sejarah di Bandung Yang Jadi Tempat Wisata"