Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Alam dan Camping di Gunung Manglayang Bandung

WISATA ALAM BANDUNG - Gunung Manglayang Bandung merupakan gunung yang berada di antara Kabupaten Sumedang dan Bandung dan memiliki ketinggian sekitar 1818 mdpl.

Puncak gunung ini memang tidak terlalu tinggi, namun cukup banyak pendaki yang telah melihatnya. Sebelum Anda memutuskan untuk mendaki gunung untuk pertama kalinya, Anda harus mempertimbangkan peta dan biaya masuknya. 

Pasalnya gunung di Bandung ini tidak hanya dikunjungi untuk menikmati keindahan alamnya saja, tetapi kalian juga bisa bermalam atau berkemah seperti di gunung putri lembang atau di puncak rindu gunung bendera.

Daya Tarik dan Pesnon Gunung Manglayang Bandung

Apabila kalian gemar hiking dengan pendakian di atas 6.000 kaki, Gunung Manglayang memang kurang cocok. Namun jika Anda hanya ingin melihat alam dari ketinggian kurang dari 6.000 kaki, Gunung Manglayang Bandung cukip recommeded deh. 

"Karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah."

Lokasi gunung ini juga menawarkan berbagai fasilitas yang bisa digunakan oleh para pendaki seperti: Tempat ibadah, kamar mandi, stand makanan dan titik minus serta fasilitas lainnya.

Fakta., Mitos, dan Misteri Tentang Gunung Manglayang Bandung

Banyak pendaki tidak tahu keberadaan gunung cantik ini, sekarang ada beberapa fakta tentang gunung Manglayang Bandung yang harus diketahui:

• Tidak banyak pendaki yang tahu

Meski lokasinya strategis dan akses jalan yang mudah dilalui, hal itu dikarenakan lokasinya yang sangat dekat dengan kampus Jatinangor Unpad. Namun, masih banyak pendaki yang belum mengetahui keberadaan gunung yang bisa jadi alternatif pilihan akhir pekan ini.

Mungkin alasan gunung ini tidak banyak diketahui orang atau pendaki karena memang tidak ada legenda seperti di beberapa gunung lain di Jawa Barat. Padahal, gunung ini merupakan objek pendakian yang menarik, terutama bagi pecinta alam atau pemula, karena tidak hanya berada di ketinggian 1.818 meter di atas permukaan laut.

• Gunung Terindah di Bandung

Dengan ketinggian yang lebih rendah dibanding pegunungan lainnya, Gunung Manglayang merupakan salah satu gunung terindah yang menawarkan keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Meski puncak gunung ini tidak seperti gunung lainnya, namun menawarkan keindahan awan yang bergulung.

Gunung ini memiliki puncak seperti lapangan yang dipenuhi pepohonan, sehingga terasa lebih sejuk dan sejuk. Bagi yang ingin berkemah atau mendirikan tenda tempat ini adalah pilihan yang tepat. Ditambah lagi, tidak ada salahnya menikmati keindahan puncak gunung ini sambil bersantai di tempat tidur gantung.

• Kuda Batu Misteri

Gunung Manglayang, diambil dari kata Layang yang artinya terbang. Konon dulu pernah ada seekor kuda terbang bernama Sempani yang sedang dalam perjalanan pesawat menuju Banten. 

Sayangnya kuda Sempani jatuh di lereng Gunung Manglayang di tengah perjalanan, sehingga terjebak dan tidak bisa kabur karena terjebak di semak belukar.

Kuda Sempani terperangkap sekian lama hingga berubah menjadi batu. Selama ini masyarakat meyakini bahwa batu besar yang menyerupai kuda dan terletak di dekat jalur pendakian merupakan perwujudan dari kuda Sempani yang tertangkap di lereng gunung.

• Rahasia larangan pendakian pada hari Senin dan Kamis

Setiap tempat memiliki cerita mistisnya sendiri, tidak terkecuali Gunung Manglayang. Dulu, masyarakat setempat percaya bahwa pendakian ditutup pada hari Senin dan Kamis. Jangan biarkan siapapun memasuki kawasan pegunungan ini, apalagi dengan jumlah rombongan yang ganjil.

Karena pada dua hari ini arwah leluhur, termasuk arwah Sempani, datang ke gunung untuk berkumpul. Banyak kejadian di luar nalar yang terjadi saat berada di Gunung Manglayang. Ujung-ujungnya, pihak kelurahan meminta 44 sesepuh untuk melakukan ritual "terkait" agar arwah tidak mengganggu pengunjung.

Ritual ini dilakukan di area Kuda Batu. Ritual tersebut dilakukan dengan membuat kesepakatan bahwa siapapun dapat mengunjungi gunung ini kapan saja dan berapa pun rombongannya. Selama tidak merusak keindahan alam, jangan mencabut pohon atau mencoret-coret batu yang ada.

• Ada kuburan suci di puncak gunung

Jangan heran jika Anda mendaki Gunung Manglayang dan menemukan makam yang dikeramatkan oleh penduduk setempat dan terletak di atas gunung. Setiap obyek wisata gunung pasti ada kuburannya.

Baik kuburan leluhur maupun jasad para pendaki yang dimakamkan di sana. Kedengarannya memang tidak menakutkan, tapi fakta itu perlu diketahui, lho. Untuk kenyamanan lebih saat mendaki.

Terdapat kuburan yang juga dianggap sakral sehingga Anda bisa lebih berhati-hati dalam mengucapkan kata-kata saat mendaki selama periode pendakian. 

Tujuannya agar para "penjaga" yang berada di sana tidak merasa terganggu dan terganggu dengan kehadiran pendaki yang datang.

Tiket Untuk Masuk Gunung Manglayang Bandung

Tarif masuk tiap gunung harus berbeda. Untuk harga tiket masuk gunung ini sangat terjangkau dan tidak menghabiskan banyak biaya. 

Jika hanya ingin berkunjung untuk menikmati keindahan alam maka harus membayar tiketnya yaitu Rp 7.500 / orang. Namun, jika ingin bermalam atau berkemah di sini, tiketnya harus dibayar Rp 10.000 / orang.

Jika Anda menggunakan sepeda motor akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp5.000. Tidak hanya harga, jam buka tempat wisata juga bervariasi. 

Jam buka Gunung Manglayang Bandung buka 24/7. Namun, harga dan jam buka bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk mempelajari lebih lanjut, silahkan kunjungi gunung ini secara langsung.

Lokasi Gunung Manglayang Bandung

Gunung Manglayang merupakan salah satu jenis stratovolcano yang terletak di antara Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang di Jawa Barat. 

Namun karena gunung ini tidak terlalu tinggi, maka kurang diketahui para pendaki yang menyukai ketinggian gunung ini.

Tentunya untuk menuju Gunung Manglayang Bandung perlu mengetahui rute tempatnya terlebih dahulu. 

Nah lokasi gunung ini berada di cibiru wetan, cileunyi, bandung, jawa barat agar mudah menggunakan peta yang ada di hp atau bertanya kepada masyarakat sekitar.

Jalan Menuju Puncak Manglayang

Lokasi perkemahan berjarak sekitar 900 meter dari pintu gerbang Mangan Pferdestein Plates. Perkemahan yang disediakan sangat cocok untuk dijadikan tempat keluar masuk mahasiswa yang masuk. Ada 4 rute yang dapat menuju ke puncak Manglayang Bandung yaitu:

Rute Monumen Kostrad

Jika ingin naik jalan ini bisa masuk melalui Cilengkrang 1 kemudian menuju wisata air terjun Cilengkrang. Setelah sampai di pintu masuk Curug Cilengkrang, lihat saja ke arah barat. Tak jauh dari pintu masuk terdapat jalan setapak yang sering digunakan oleh motor trail.

Setelah itu ikuti saja jalan menuju pohon cemara terakhir, disana anda akan menemukan pepohonan yang cukup lebat dan terdapat jalan setapak, kemudian ikuti saja jalan tersebut, tidak jauh dari situ terdapat perempatan, dan ambil jalan yang lurus, karena jalan belok kiri ke palintang. .

Jejak kuda batu

Ada 2 jalur yang bisa dilintasi untuk menuju puncak Manglayang. Pertama Anda bisa mengambil jalan lurus dan sampai ke puncak pertama, lalu melewati tebing. Approx. 2 jam menuju puncak pertama. Nah, rute kedua melewati Beurem baru dan akan sampai di puncak timur / shadow Summit.

Jalur Jatinagor

Saat Anda melewati jalan setapak ini, Anda harus pergi ke Shadow Summit Trail yang menaiki jalan terjal dan berdebu menuju puncak bayangan. Namun pemandangan dari jalur ini adalah yang paling indah dibandingkan dengan jalur lainnya, apalagi jika Anda berkemah di puncak timur sangat jelas untuk melihat matahari terbit dan terbenam.

Waktunya lumayan singkat, sekitar satu setengah jam untuk sampai di puncak bayangan. Dari puncak bayangan ke puncak utama sekitar setengah jam.

Rute Palintang

Rute ini bisa melalui Alun-Alun Ujung Berung kemudian mengambil jalan ke arah utara menuju desa Palintang. Setibanya di SD Palintang jalan mengarah ke kaki Gunung Manglayang hingga mengikuti lintasan croos motor di kaki Gunung Manglayang yang melintasi Jalan Tugu Kostrad.

Jika tetap mengikuti jalan setapak, anda akan mengambil jalan setapak yang lurus ke atas, namun jalannya semakin sempit dan dipenuhi rerumputan yang lebat. Waktu untuk mencapai puncak Manglayang kurang lebih 4 jam.


Bagi kalian yang ingin camping atau berwisata alam ke puncak gunung manglayang. Jangan lupa untuk menyiapkan segala perlengkap, agar perjalanan dan mendaki anda menyenangkan. Serta bagi yang mau camping, ikuti panduan dan peraturan yang berlaku, demi keamanan dan kenyaman.

Wisata Bandung
Wisata Bandung Admin Asli Orang Bandung Yang Hobi Mengeksplor Berbagai Tempat Menarik di Bandung. Follow My Instagram @saptalan60 / @wisatabandung_

Posting Komentar untuk "Wisata Alam dan Camping di Gunung Manglayang Bandung"